Loading...
COMMUNITY

Bahaya Cokelat Pada Anjing

Cokelat Beracun untuk Anjing

Cokelat sangat berbahaya bagi anjing, tapi tingkat berbahayanya tergantung dari jenis kandungan, jumlah cokelat dan ukuran anjing kamu. Dalam jumlah yang banyak, cokelat bisa membunuh anjing.

Mengapa cokelat berbahaya bagi anjing?

Kandungan yang beracun di dalam cokelat namanya theobromine. Theobromine (dulunya dikenal sebagai xantheose) merupakan komponen kimia dengan bahan dasar nitrogen yang terdapat pada tanaman kakao dengan formula kimianya C7H8N4O2

Bagi manusia, cokelat dapat dengan mudah dicerna, tapi proses mencernanya untuk anjing berlangsung sangat lambat, sehingga dalam sistem bisa terkumpul banyak.
Anjing ukuran kecil lebih cepat menderita dengan jumlah cokelat yang sedikit dibanding anjing berukuran besar.
Bila cokelat terkonsumsi dalam jumlah sedikit, anjing mungkin akan menderita sakit perut, muntah-muntah atau diare.
Cokelat dalam jumlah banyak akan menyebabkan tremor (gemetaran) pada otot, kejang-kejang, detak jantung yang tidak teratur, pendarahan pada organ dalam, atau serangan jantung. Serangan racun theobromine biasanya ditunjukkan dari tanda-tanda anjing yang hiperaktif.

Apa Penanganan yang Harus Dilakukan?

Penanganan untuk keracunan theobromine (cokelat) dilakukan dengan upaya supaya anjing muntah dalam kurun waktu dua jam setelah termakan. Jika kamu curiga anjing kamu telah memakan cokelat dan mereka menunjukkan perilaku di atas, segera bawa ke dokter hewan. Terutama untuk ukuran anjing, jangan biarkan kelamaan, segera bawa anjingmu ke dokter hewan.

Untuk mempermudah penanganan, usahakan tahu jenis cokelat yang telah dikonsumsi anjing kamu. Dengan begitu, dokter hewan lebih cepat dapat menangani keracunan pada anjing.

Beda jenis cokelat, juga memiliki kandungan theobromine yang berbeda. Bubuk cokelat dan dark chocolate memiliki tingkat tertinggi, sedangkan milk chocolate dan white chocolate kandungannya lebih rendah. Semakin tinggi kandungan theobromine, maka semakin mudah untuk menyebabkan anjing keracunan. Kurang lebih satu ons dark chocolate bisa meracuni anjing dengan berat 20 kilo.

Mendeteksi keracunan pada anjing diakibatkan cokelat lebih dini akan sangat baik dan dapat menyelamatkan nyawanya. Tapi yang terpenting jangan pernah memberikan atau membiarkan makanan berkandung cokelat dalam bentuk apapun untuk anjing.

 

Baca juga : Peringkat Kecerdasan Anjing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *