Loading...
COMMUNITYMovie

The Good Dinosaur (2015)

Apa jadinya bila asteroid yang menjadi penyebab punahnya dinosaurus tidak pernah jatuh ke bumi? Pixar Animation menjawab pertanyaan konyol itu dalam bentuk video animasi mereka yang dirilis di tahun 2015 ini. Disutradarai oleh Peter Sohn dan ditulis oleh Meg LeFauve, The Good Dinosaur menampilkan petualangan Apatosaurus modern bernama Arlo dengan teman manusia purbanya yang epik. Melalui petualangan ini, Arlo belajar mengatasi rasa takutnya dan kemampuan yang sebenarnya dimiliki olehnya.

Visual The Good Dinosaur
Visual The Good Dinosaur

The Good Dinosaur mendapat pujian luar biasa untuk visual digital-nya yang menakjubkan. Namun untuk tema cerita dan plot, film ini mendapatkan kritikan buruk dan menempati rangking terbawah pada keseluruhan film animasi buatan Pixar. Banyak kritikus yang menganggap bahwa cerita The Good Dinosaur agak jauh dari standar film animasi Pixar.

Trailer The Good Dinosaur :

Videonya bisa ditonton melalui tautan di bawah ini

Gambar untuk nonton streaming
Gambar untuk nonton streaming

Dari pendapat saya pribadi, film The Good Dinosaur memiliki tampilan landscape yang super realistic dan sangat indah. Saat trailer baru muncul, saya sudah sangat takjub melihat tampilan yang disuguhkan. Untuk segi cerita, saya ragu, dan sebelum film ini dirilis, saya ada bilang ke teman-teman saya, bahwa saya akan nonton film ini degan alasan bahwa saya fans dari Pixar studio dan karena takjub terhadap terobosan teknologi animasinya. Juga menurutku kemungkinan besar, saya tidak akan menyukai ceritanya, ragu namun berharap Pixar akan memberikan terobosan “out of the box” seperti film-film animasi mereka biasanya.

FIlm animasi Pixar dikenal dengan visual & cerita yang mengagumkan
Film animasi Pixar dikenal dengan visual & cerita yang mengagumkan

Namun setelah ditonton, film ini sangat buruk dan tidak sesuai dengan standar Pixar biasanya. Berikut ini alasannya :

1. Plot yang mudah ditebak dan terdapat banyak kesamaan dengan cerita film lain.

  • Lion King
    Ayahnya Arlo mati demi menyelamatkan Arlo dari terjangan arus banjir sama seperti Musafa menyelamatkan Simba dari terjangan gerombolan wildebeest.
    Kemunculan Ayahnya Arlo dalam mimpi dan memberikan nasehat saat momen depresi, mirip dengan kemunculan Musafa yang sudah meninggal di saat keputusasaan Simba.
  • Ice Age
    Tema Dinosaurus (Arlo) menyelamatkan anak manusia (Spot), bertualang bersama dan mengembalikan kepada orang tuanya, jika bukan terlalu umum maka sangat kebetulan sekali mirip dengan film animasi Ice Age pertama. Sekelompok binatang jaman es, mamoth (Manny), saber-toothed (Diego), dan sloth (Sid) yang menemukan anak manusia (Roshan) kemudian berpetualang bersama demi mengembalikannya ke orang tuanya.

2. Target audience yang tidak konsisten.
Alasan pertama bisa ditolerir Pixar memiliki target audience yang jelas. Maksud saya dengan plot yang mudah ditebak dan tema cerita yang umum mungkin bisa ditargetkan ke anak kecil. Tapi banyak sekali adegan yang tidak cocok untuk anak-anak usia segitu.

  • Adegan kematian Poppa, ayah Arlo mengandung efek visual dan suara yang terlalu keras. Begitu juga adegan Spot yang menangkap kumbang besar untuk Arlo. Diawali dengan menyeret kumbang itu secara polos dan disuguhkan dengan gaya yang lucu, namun yang terjadi berikutnya sangat tidak pantas ditonton anak kecil.
Spot menunjukkan cara mamakan kumbang
Spot menunjukkan cara mamakan kumbang

3. Desain karakter yang tidak konsisten.
Banyak pro dan kontra mengenai ini. Pro melihat bahwa ketidak konsistensi dalam segi desain karakter yang kartunis dengan lingkungan yang realistik. Sedangkan kontra membela Pixar karena hal itu lazim di dalam animasi, dengan contoh film animasi baik Pixar maupun studio animasi lain banyak yang sukses dengan menggunakan teknik ini. Alasan saya mengatakan karakter desain yang tidak konsisten bukan pada perbandingan karakter dengan lingkungannya, namun terlihat pada desain karakter itu sendiri.
Desain karakter utama pada film The Good Dinosaur sangat tidak konsisten dengan karakter pendukung lainnya.
Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Desain Karakter Cartoony
Desain Karakter Cartoony yang tidak dibarengin karakter sampingan lain

 

Perbandingan dengan karakter lain
Perbandingan dengan karakter lain

Kita bandingkan dengan desain karakter Finding Nemo yang sering dibandingkan sebagai pembelaan melawan alasan ini.

Finding Nemo source : Amazon

Point saya di sini ialah, desain karakter pada film Finding Nemo (dan film animasi lain) konsisten, bisa kita lihat mau karakter utama dan karakter sampingan itu memiliki kesamaan. Seperti Bruce (hiu dalam Finding Nemo) dan anglerfish meskipun terlihat sangar dengan gigi-gigi tajam, namun desain karakter mereka sepenuhnya masih berkonsep sederhana dan terlihat kartun. Karakter-karakter lainnya seperti udang, seagulls, jellyfish, sea turtle dan lainnya juga demikian.

Tapi dalam film The Good Dinosaur tidak ada konsistensi tersebut, dan orang lebih menganggap ketidak-seimbangan itu tertuduh ke perbandingan karakter dengan lingkungan yang super-realistis.

4. Selain desain karakter, kelemahan dalam film The Good Dinosaur juga pada ketidak-konsistensian prilaku karakter.
Setelah klimaks, bersama Arlo, Spot melihat keluarganya. Dari kejauhan keluarganya merangkak menghampiri. Adegan mengharukan pun terjadi.

Ayah Spot merangkak menghampiri
Ayah Spot merangkak menghampiri

Namun sewaktu mereka hendak meninggalkan Arlo, tiba-tiba keluarga manusia purba yang tadinya merangkak kemudian berjalan seperti keluarga modern, menggendong anak dan jalan bergandengan tangan.

Drama efek
Drama efek

Pendapat saya pribadi, kemungkinan besar film The Good Dinosaur ini merupakan proyek sampingan yang tidak dikerjakan tim inti Pixar yang biasa mengerjakan film animasi utama.

Tapi benar-benar patut diacungin jempol ialah tampilan visual yang sangat indah dan super realistis. Saya sangat kagum sekali dengan penampilan dari keseluruhan film ini, terutama efek Depth of Field dan bokeh di beberapa adegan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *