Loading...
COMMUNITY

Peringkat Anjing Berdasarkan Tingkat Kecerdasannya

Anjing sering disebut-sebut sebagai hewan paling setia yang dapat dipelihara oleh manusia. Selain karena kesetiaannya yang terkenal,anjing juga dikenal dengan kecerdasannya. Bahkan sebagian dapat disebut amat pintar di mana mereka dapat menolong tuannya.

Jika Anda mendambakan anjing pintar untuk dilatih maupun menjaga rumah bisa saja 10 anjing ini dapat menjadi pilihan tersendiri bagi Anda. Namun biasanya kecerdasan anjing ini memengaruhi metabolisme anjing ini jadi bakal lebih baik Anda wajib aktif bersama dengan anjing Anda. Berikut merupakan 10 Anjing Tercerdas di Dunia.

1.  Border Collie

unyu unyu
guguk border collie di padang rumput pink

Berasal dari Inggris, sudah lama Border Collie diakui seluruh dunia sebagai jenis anjing yang paling cerdas, pekerja keras, stamina yang mengagumkan. Awalnya border Collie merupakan anjing penggembala, namun kini Border Collie populer dijadikan anjing peliharaan di rumah, untuk kompetisi gembala ternak, maupun untuk kompetisi olah raga anjing.

Insting alaminya yang menggiring ternak domba dan tingkat intelijensi yang tinggi menjadikan Border Collie paling mudah dilatih dibandingkan jenis anjing ras lainnya. Melatih Border Collie membutuh kurang dari 5 kali pengulangan untuk perintah yang sama. Sifat Border Collie adalah jenis anjing yang berenergi tinggi, senang melakukan berbagai trik, bermain dan merupakan jenis anjing yang bahagia studi hal-hal baru, penjaga yang handal.

Border Collie merupakan jenis anjing pekerja yang tidak pernah capek dan jenuh melakukan tugasnya. Anjing ini amat setia pada tuannya.

2.  Poodle

Anjing Poodle merupakan anjing nasional Negara Prancis, terdapat 3 ukuran untuk anjing yang elegan dan pandai ini: ukuran standard (besar) yang berasal dari Rusia, dimanfaatkan untuk berburu dan menarik kereta, kemudian setelah di bawa ke Perancis, Poodle mulai dikembangkan ke ukuran mini dan toy. Anjing ini telah dikenal di seluruh dunia dikarenakan kecantikannya dan kepintarannya.

3.  German Shepherd / Herder

Disebut juga anjing gembala jerman atau herder. Anjing Herder mempunyai karakter yang berani, waspada, pintar, patuh, dan rasa ingin belajar yang amat besar. Anjing herder amat setia, dan tidak segan-segan mempertaruhkan nyawa kepada tuannya. Anjing ini suka berada dekat bersama dengan keluarganya tetapi berhati-hati terhadap orang asing. Herder tidak boleh dibiarkan terisolasi dalam waktu yang lama. Mereka dapat menggonggong cuma waktu diperlukan. Herder biasanya digunakan sebagai anjing pekerja dan anjing polisi dikarenakan mereka mempunyai insting yang amat kuat dan amat setia terhadap tuannya.

4.  Golden Retriever

Sama seperti Herder, Golden Retriever merupakan anjing berukuran menengah besar. Bulunya padat, anti air mempermudah aktifitasnya di air, ada yang krem hingga kuning keemasan.

5.  Doberman Pinscher

Anjing Doberman Pinscher mempunyai ciri tubuh berukuran sedang, tegap dan berotot. Kepala panjang dan berbentuk blunt wedge. Warna hidung bergantung bersama warna bulu anjing, yakni hitam terhadap bulu hitam, coklat gelap terhadap bulu merah, abu-abu gelap terhadap bulu biru, dark tan terhadap bulu fawn dan pink terhadap bulu putih. Mata berbentuk almond dan warnanya mempunyai bermacam nuansa coklat bergantung warna bulu anjing. Telinga biasa dipotong untuk membuatnya berdiri tegak (dipotong terhadap umur sekitar 12 minggu) dan ekor biasa dipotong terhadap umur 3 hari. Dadanya lebar dan kakinya amat lurus. Bulu pendek, kaku, tebal, dan lurus. Berwarna hitam, hitam bersama tan marking, blue-gray, merah, fawn dan putih.

6.  Shetland Sheepdog

Sheltie termasuk anjing yang paling digemari di dunia. Anjing ini berasal dari kepulauan Shetland dan mulai diperkenalkan di Inggris pada akhir abad ke-19.

Banyak yang beranggapan jika Sheltie merupakan hasil dari pengolahan genetik anjing Collie sehingga didapat anjing Collie yang berukuran mini. Tetapi , tersedia terhitung yang beranggapan jika Sheltie bukan berasal dari pengolahan genetic anjing Collie, hanya saja rupanya sama.

7.  Labrador Retriever

Anjing Labrador retriever ada 2 jenis : English Labrador dan American Labrador.

8.  Papillon

Papillon di dalam bhs Perancis artinya “kupu-kupu”, adalah toy dog yang mempunyai postur tubuh kecil, mempunyai karakter bersahabat dan lembut. Papillon dipercayai merupakan ras toy dog tertua di Eropa. Selain sebagai anjing kawan bermain, papillon terhitung bisa difungsikan sebagai anjing penjaga yang baik. Ia lebih-lebih terhitung dijuluki sebagai Miss Universe-nya dunia anjing.

9.  Rottweiler

Anjing Rottweiler mempunyai tubuh berotot, besar dan kuat. Bentuk kepala yang lebar dengan dahi yang bulat. Hidung lebar dan berwarna hitam. Bibir berwarna hitam dan gelap pada anggota di dalam mulut. Mata berukuran medium berwarna gelap dan berupa seperti kacang almond. Beberapa Rottweiler dikenal mempunyai mata biru atau tidak benar satu biru atau cokelat. Anjing Rottweiler mempunyai sifat yang benar-benar kuat, tenang, ringan dilatih, berani, dan setia pada pemiliknya dan keluarga. Sifat setia dan pelindung yang dimilikinya membuat mereka membela mati-matian keluarga mereka jika diperlukan dan tampaknya anjing Rottweiler ini lebih kuat pada rasa sakit.

10.  Australian Cattle Dog

Australian Cattle Dog menjadi dikembangbiakkan dari tahun 1800an di Australia sebagai anjing pekerja, berkat cii-ciri mereka yang gesit, kuat, pemberani dan pintar. Mengingat asal usulnya tersebut, mereka lebih suka berada di lingkungan yang luas dan banyak diajak bermain atau olahraga. Anjing ini juga sangat loyal dan protektif terhadap keluarganya. Bulunya yang lembut dan pendek sesuai di iklim tropis Indonesia dan kamu juga tidak kudu sering-sering menyisir dan memandikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *