Loading...
COMMUNITYMovie

Bad Genius

Bad Genius 2017

Bad Genius atau Chalard Games Goeng (ฉลาดเกมส์โกง) merupakan film Thailand yang keluar 3 Mei 2017. Ide cerita ini diinspirasi dari berita nyata seorang siswa yang melakukan kecurangan di ujian SAT.

 

Streaming dan Download

Film ini sudah ada subtitle Indonesia, Inggris dan Mandarin

Streaming dan Download Bad Genius 2017 by ngulik.net
Streaming dan Download Bad Genius 2017

 

Plot Film Bad Genius

Lynn, seorang siswi jenius di SMA baru. Lynn menemukan cara mendapatkan uang untuk membayar biaya sekolahnya yang mahal. Dengan memberikan contekan kepada teman sekelasnya saat ujian. Dari awalnya yang hanya ujian sekolah, trik ini membawanya ke ujian international, STIC (SAT) di Syndey.

 

Siswi Jenius, Lynn

Lynn by ngulik.net
Lynn

Dimulai dari wawancara masuk sekolah baru dengan kepala sekolah. Diketahui Lynn adalah siswi yang sangat cerdas, terutama dalam Matematika. Lynn meminta keringanan biaya dengan mempertimbangkan kemampuan ayahnya dan biaya sekolah lamanya. Terpukau dengan kemampuan analisisnya, kepala sekolah pun menerima Lynn sebagai siswa secara gratis.

 

Grace by ngulik.net
Grace

Di sekolah baru, Lyn mengenal dan berteman dengan Grace. Grace lemah dalam akademis, sehingga Lynn membantunya dengan mengajarinya. Namun Grace tetap tidak mampu mengerjakan soal ujian, akhirnya Lynn memberikan contekan.

 

Lynn memberikan conteekan melalui penghapus by ngulik.net
Lynn memberikan conteekan melalui penghapus

Setelah kejadian itu, kemampuan Lynn diketahui oleh Pat, pacar Grace dan menawarkan Lynn juga membantunya. Awalnya Lynn menolak meski Pat menawarinya uang. Namun setelah mengetahui selama ini sekolah tetap menarik biaya kepada ayahnya, akhirnya Lynn pun setuju.

 

Belajar Piano demi Ujian

Grace, Pat dan beberapa temannya pun diterima Lynn untuk mendapatkan jawabannya setiap ujian. Dengan menggunakan program samaran, yakni Les Piano, Lynn mengajarkan mereka kode jawaban ujian. Cara Lynn memberikan jawaban ujiannya ialah dengan menggunakan kunci nada pada piano.

 

Kunci nada piano sebagai kode jawaban by ngulik.net
Kunci nada piano sebagai kode jawaban

 

Di sekolah yang sama, ada seorang siswa jenius seperti Lynn. Senasib dengan Lynn, Bank juga dari keluarga miskin. Bank melihat salah seorang siswa Lynn menyontek, kemudian dia melapor kepada kepala sekolah. Akhirnya Les Piano ini pun berhasil diketahui sekolah.

 

Menyontek Kelas Internasional

Selang beberapa waktu, Pat dan Grace menghadapi masalah baru. Mereka harus mengikut ujian STIC. Grace pun datang dan merayu Lynn untuk kembali membantu mereka. Lynn menolak karena masalah yang sudah dialaminya karena mereka sebelumnya dan melihat ujian STIC sebagai kelas internasional. Hampir mustahil untuk melakukannya.

Mendapatkan ide dari perbedaan waktu di tiap negara, akhirnya Lynn menerima tawaran ini. Pat dan Grace mengumpulkan orang yang berminat membeli jawaban STIC dan Lynn mengajak Bank ikut dalam misi ini.

Lynn dan Bank akan ke Sydney mengikuti ujian STIC. Perbedaan waktu tujuh jam membuat ujian STIC lebih dulu diadakan di sini. Pat dan Grace mengumpulkan orang dan bersiap menunggu jawaban dikirimkan melalui chat dan di print ke barcode yang ada di pensil. Tantangan lainnya, untuk masuk dan keluar ruangan ujian, peserta tidak boleh membawa alat tulis dan alat komunikasi.

 

Review Film Bad Genius

Film ini mengangkat tema menyontek saat ujian. Berbeda dengan film yang bertema sama, genre film ini lebih ke drama.

Terdapat persahabatan antara Lynn dan Grace yang murni. Saat awal masuk sekolah, Grace yang menyapa Lynn duluan. Namun persahabatan ini mulai retak karena pengaruh pacar Grace. Namun di setelah klimaks, Lynn memutuskan persahabatannya dengan Grace. Grace tampak menangis di tengah pesta keberhasilan ujian STIC.

Pesan kejujuran juga sangat kental di dalam Film Bad Genius ini. Ayah Lynn yang juga seorang guru tidak terima saat mengetahui Lynn mendapatkan banyak uang dari hasil curang. Ayahnya Lynn mengharapkan Lynn bisa jujur, karena menurutnya kejujuran memiliki nilai jauh lebih tinggi dari uang. Melihat jumlah tabungan hasil “Les Piano” Lynn, ayah Lynn marah dan memintanya untuk mengembalikan semuanya.

Kejujuran juga terlihat dari diri Lynn. Meskipun berhasil mengelabui sistem dalam ujian STIC dan uang yang didapati, Lynn tidak bahagia. Bahkan setelah diancam Bank akan dilaporkan, Lynn memutuskan untuk tidak ikut lagi terjun dalam bisnis itu. Lynn mendatangi pihak STIC dan mengakui perbuatannya.

Melalui adegan terakhir, Lynn mengakui seluruh perbuatannya karena dia ingin menjadi guru. Mengabdikan seluruh ilmu akademisnya dan pengalaman kriminalnya untuk mendidik generasi muda menjadi lebih baik dari dia.

 

Film Remaja yang tidak menyebalkan

Bad Genius ini juga sangat menarik dalam segi bumbu. Meskipun menggunakan dengan tokoh-tokoh dan tema remaja, namun minim konten cinta. Tidak seperti film-film yang mengangkat masa remaja yang penuh dengan aksi keren (namun tidak masuk akal) dan sarat dengan cinta-cintaan.
Hubungan keluarga juga sangat disentuh di dalam film ini. Bad Genius menampilkan peran keluarga sangat penting bagi pertumbuhan remaja. Orang tua Lynn cerai, dan Lynn tinggal bersama ayahnya. Kedekatan ayah-anak ini bisa dilihat dari ikut-campurnya seorang ayah dalam banyak kegiatan Lynn. Ayahnya mendidik Lynn selain menjadi anak yang cerdas, juga menjunjung nilai kejujuran. Bahkan di bagian akhir, ayah Lynn mendampinginya “mempertanggungjawabkan” perbuatannya. “Jangan takut Lynn. Kita akan melewatinya, apapun yang akan terjadi. Ayo senyum”. Pesan ayahnya sebelum memasuki ruangan kantor STIC.

Lain lagi dengan keluarga Pat yang kaya raya. Orang tuanya mengharapkan banyak dari dia. Terlena dengan harta orang tuanya, Pat hanya berpesta dan berfoya-foya. Sikap Pat juga terlihat takut dengan ayahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *