Loading...
COMMUNITY

5 Kesalahan Latihan Toilet (Potty Training) Kepada Anjing

Sangat mudah melakukan kesalahan saat melatih anjing untuk tidak buang air sembarangan. Berikut ini 5 kesalahan umum yang dilakukan kita saat melatih mereka.

  1. Banyak orang terutama yang baru pertama kali memelihara anjing, berpikir bahwa mereka akan berhasil melatih anjing mereka untuk tidak buang air sembarangan dalam waktu singkat, seminggu atau bahkan sehari-dua hari sudah bisa. Tapi sebenarnya, latihan itu membutuhkan waktu beberapa bulan kesabaran dengan latihan yang konsisten.
  2. Biasanya bila anjing yang sedang dilatih buang air sembarangan, kita akan “menghukum” nya dengan menyuruh si guguk untuk melihat dan menciumnya sebagai bentuk komunikasi bahwa itu adalah kesalahannya. Namun sebenarnya tindakan itu tidak tepat dan sebenarnya kita tidak berperan serta yang positif dalam latihan itu. Bila anjing buang air sembarangan di dalam rumah, kesalahan itu bukan pada anjingnya. Jadi kita sebagai manusia cukup bersihkan kotoran itu dan perbaiki kesalahan kita dengan menjaga anjing itu lebih baik lagi.
  3. Membatasi akses rumah bagi anjing tersebut juga merupakan hal penting. Cara termudah membatasi anjingmu berkeliaran adalah dengan mengikatnya dan terus membawanya kemanapun kamu pergi selama di rumah. Ikatkan talinya ke celanamu, sehingga kamu tidak perlu lengah meninggalkannya di tempat yang salah. Tapi apabila kamu tidak bisa terus menjaganya, pastikan ada satu area aman si anjing untuk melakukan kesalahan, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Penting dicatat, kamu lah yang harus mengontrol seratus persen akses anjing kamu berkeliaran di dalam rumah sepanjang waktu.
  4. Kesalahan lainnya ialah, kita terlalu berharap anjing akan memberitahu kita kapan mereka butuh buang air besar, dengan alasan kita jadi bisa siap bertindak. Tapi tentu itu sangat tidak masuk akal meminta mereka untuk melakukan itu. Terutama anjing kecil, tubuhnya masih belum dewasa untuk menahan rasa buang air, jadi mereka akan buang air hampir setiap jamnya. Untuk itu pastikan untuk sesering mungkin membawa anjingmu terutama yang masih kecil ke tempat dia sepantasnya buang air.
  5. Penggunaan popok atau koran juga sebenarnya tidak tepat, tapi balik lagi ke kondisi kita sebagai pemelihara. Popok atau koran bisa sangat berguna saat situasi-situasi tertentu, terutama kalau kita tinggal di apartemen atau sangat sulit untuk bawa anjing kamu keluar. Tapi jika kita tidak ada alasan penting menggunakan itu, maka akan jauh lebih baik kalau bisa bawa anjingmu keluar.

Anjing memiliki selera mereka sendiri terhadap tempat untuk buang air, seperti rumput, lantai keramik, atau karpetmu. Jadi akan sangat baik bila bisa membiasakan dari dini terbiasa dalam kondisi yang akan digunakan mereka seumur hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *